Info Beasiswa dan Sedikit berbagi Pengalaman




Cari beasiswa untuk studi lanjut memang tidak mudah, apalagi mau studi keluar negeri. Dalam hal ini harus pintar-pintar cari informasi dan tahu strategi untuk menaklukan beasiswa yang kita inginkan. Banyak orang yang menyerah di tengah jalan, karena gara-gara gagal dan gagal lagi. Sudah berapa banyak apalikasi yang ia kirim, tapi tidak membuahkan hasil, keluhnya. Untuk itulah, pentingnya wawasan dan pengetahuan kita akan lembaga beasiswa yang kita tuju, setidaknya kita memahami kemauan si empunya beasiswa, sehingga ketika kita menuangkan alasan-alasan mengapa kita memilih beasiswa ini dan tidak yang lain, mengenai tepat sasaran yang dibidik oleh siempunya beasiswa. Sehingga kita sebagai calon fellow betul-betul dilirik dan di-approve kehendak kita. Nah inilah yang seringkali, kurang dipahami bagi banyak pemburu beasiswa, sehingga mereka gagal di tengah jalan. 

Harus dipahami pula, bahwa keberadaan lembaga-lembaga beasiswa terutama di dunia ketiga, tidak semata-mata mencari orang pintar untuk di sekolahkan. Tetapi mereka mencari orang yang betul-betul pantas untuk mendapatkan itu. Lembaga beasiswa pada umumnya, mereka sangat konsern kepada orang-orang yang mempunyai kontribusi baik yang telah, sedang dan akan untuk masyarakatnya. Oleh karena itu, disamping juga cerdas, tapi juga komitment social dari calon fellow.

Di bawah ini, saya sertakan link lembaga-lembaga beasiswa yang selama ini menjadi tumpuan para pemburu beasiswa, lihat profilnya, pelajari apa maunya, dan silahkan untuk mengajukan aplikasi:L

1. Pemerintah Inggris melalui CHEVENING
2. Pemerintah belanda menawarkan melalui NUFFIC atau NESSO
3. Pemerintah Australia melalui ADS , ALA  ini juga bisa dilihat di AusAID, selain itu juga bisa tawaran beasiswa lain yang cukup menarik Endeavour Awards.
4. Pemerintah Jepang juga menyediakan beasiswa melalui JASSO
5. Pemerintah Amerika melalui lembaga AMINEF yang dikenal program FULBRIGHT
6. IIEF (the Indonesian International Education Foundation) juga menawarkan beragam beasiswa keluar negeri diantarany:
Graduate Degree Fellowship Program   *New 2011 Intake
NYU Abu Dhabi  *New 2011 Intake

7. Pemerintah Jerman bisa dilihat di Study in German 
8. Info laniya tentang beasiswa bisa dilihat di sini, di sini, dan di sini, pokoknya full info tentang beasiswa

Selamat ber-hunting beasiswa, siapa tahu anda beruntung. Jangan cepat menyerah hanya gara-gara satu dua kali aplikasi anda belum diterima. Coba and coba lagi, dengan memperbaiki kesalaha2an yang telah anda buat sebelumnya.

Berikut adalah photo-photo saya dan teman mendapatkan beasiswa dari Ford Foundation (IFP) yang dikelola oleh IIEF

1. Photo ini diambil pada saat PAT (Pre Academic Trainning) dan intesif bahasa Inggris di LBI UI (Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia di Salemba selama 6 bulan (October-April 2009)


2. Photo ini diambil pada saat pelatihan komputer dan Internet di Jakarta


3. Suasana pada saat PAT (pre-Academic Trainning) di Maastricht


 4. Saat Presentasi kelas, belajar menyampaikan gagasan dengan bahasa yang berbeda merupakan tantangan tersendiri, susah, alias sulit dan angel.


5. Saat meeting bersama dengan teman-teman IFP fellow lainya di ISS dari berbagai universitas di belanda


6. Saat Refresing melepas kejenuhan pada saat PAT di Maastricht

6. Saat Farewell  Party untuk Group Discussion Development Studies. Kelas yang sangat beragam dari Asia, Africa, Amerika, Amerika Latin, dan Eropa bertemu, berdiskusi bersama tentang persoalan-persoalan pembangunan di dunia ketiga, relasi dan hegemony utara dan selatan.

7. Untuk belajar dan mengerjakan tugas, laptop yang terkoneksi dengan internet selama 24 jam tidak pernah mati

8. Karena terlalu banyak belajar...kurang tidur  atau malah banyak tidur...overwhelm...akhirnya kusut dah...kayak gini...he he he


9. Tapi masih tetap semangat...walaupun...otak..rasanya kayak copot....hidup harus tetap dibikin yang menyenangkan...!





No comments: