TANDA-TANDA KIAMAT


Oleh
Agus Miswanto

TANDA-TANDA QIYAMAT





Di antara hal yang wajib diimani bagi orang mukmin adalah bahwa hari kiamat pasti terjadi, tanpa ada keraguan sedikitpun, dan bahwa kapan terjadinya itu merupakan rahasia Allah. Allah menyembunyikan hal tersebut dari segenap manusia. Allah berfirman:


يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ
“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".” (QS al-A’raf: 187)


Walaupun Allah merahasiakan waktu terjadinya kiamat terhadap hamba-hamba-Nya, tetapi Allah memberikan tanda-tanda yang menunjukan kiamat sudah dekat. Al-qur’an menamakan tanda-tanda ini dengan asyrat as-sa’ah dan ayat. Allah berfirman:


فَهَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا السَّاعَةَ أَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً فَقَدْ جَاءَ أَشْرَاطُهَا فَأَنَّى لَهُمْ إِذَا جَاءَتْهُمْ ذِكْرَاهُمْ
'Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari kiamat sudah datang?”. (QS Muhammad(47): 18)


هَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا أَنْ تَأْتِيَهُمُ الْمَلَائِكَةُ أَوْ يَأْتِيَ رَبُّكَ أَوْ يَأْتِيَ بَعْضُ ءَايَاتِ رَبِّكَ يَوْمَ يَأْتِي بَعْضُ ءَايَاتِ رَبِّكَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيمَانُهَا لَمْ تَكُنْ ءَامَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِي إِيمَانِهَا خَيْرًا قُلِ انْتَظِرُوا إِنَّا مُنْتَظِرُونَ
Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka), atau kedatangan Tuhanmu atau kedatangan sebagian tanda-tanda Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhanmu tidaklah bermanfa`at lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: "Tunggulah olehmu sesungguhnya kamipun menunggu (pula)." (QS al-An’am: 158)


1. Tanda-Tanda Kecil


Para ulama, antara satu dengan yang lainya berbeda pendapat dalam menentukan jumlah dan kejadian yang mengiringi kemunculan hari kiamat. Dr. Umar sulaiman al-Asyqar dalam bukunya Ensiklopedia Kiamat: Dari Sakratulmaut Hingga Surga-Neraka, menjelaskan sebanyak 24 tanda-tanda kecil kiamat sebelum munculnya tanda-tanda besar, yaitu, antara lain: 1) Diutus dan wafatnya rasulullah, 2)Terbelahnya bulan, 3) Api hijaz menerangi punuk unta di basrah, 4) Terhapusnya jizyah dan pajak, 5) Penaklukan dan peperangan, 6) Munculnya dajjal yang mengaku nabi, 7) Fitnah-fitnah, 8) Menyerahkan urusan kepada yang bukan ahlinya, 9) Rusaknya kaum muslim, 10) Hamba sahaya melahirkan tuanya, orang yang tak beralas kaki, telanjang serta pengembala kambing berloba-lomba membangun gedung, 11) Konspirasi bangsa-bangsa terhadap umat islam, 12) Bencana khasaf, qadzaf dan masakh, 13) Melimpahnya harta, 14) Ucapan salam hanya kepada yang dikenal, meluasnya perdagangan, dan putusnya silaturahmi, 15) Guncangnya nilai-nilai, 16) Jazirah arab kembali sarat dengan kebun-kebun dan sungai-sungai, 17) Bulan terlihat membesar, 18) Binatang buas dan benda mati dapat berbicara, 19) Sungai efrat menyingkap gunung emas, 20) Keluarnya kekayaan alam yang terpendam di perut bumi, 21) Kaum muslim terkepung di madinah, 22) Jahjah menjadi raja, 23) Fitnah al-ahlas, fitnah orang bodoh, dan fitnah orang yang lebih bodoh, dan 24) Munculnya al-mahdi.


2. Tanda-Tanda Besar
Dr Umar Sulaiman Al-Asyqar dalam bukunya Ensiklopedia Kiamat: Dari Sakratulmaut Hingga Surga-Neraka, menjelaskan sebanyak 10 tanda-tanda kiamat besar berdasarkan urutan waktunya yang dihimpun dari keterangan ayat-ayat al-Qur’an maupun himpunan hadis-hadis sahih, antara lain: 1) Kabut, 2) Fitnah Dajjal, 3) Turunya Isa Al-Masih, 4) Keluarnya Ya’juj Dan Ma’juj, 5) Hapusnya islam, hilangnya al-qur’an dan musnahnya orang-orang salih, 6) Manusia kembali kepada kejahiliahan dan penyembahan berhala, 7) Penghancuran ka’bah oleh Dzussuwaiqatain, 8) Matahari terbit dari barat, 9) Keluarnya binatang melata, dan 10) Api yang menghimpunkan manusia.


فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ
Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata”. (QS ad-Dukhan: 10)
حَتَّى إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ
“Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma'juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi.(QS al-Anbiya’: 96)


وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ
“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (QS An-Naml: 82)





No comments: