AGAMA: KLASIFIKASI DAN PEMBAGIAN AGAMA-AGAMA DUNIA


Oleh:
Agus Miswanto, MA


Dalam Living Religion of the World, Ahmad Abdullah al-Masdoosi membagi agama menjadi tiga macam, yaitu (1) agama wahyu dan bukan wahyu (Revealed and non-revealed), (2) Agama Misi (dakwah) dan Agama bukan misi atau dakwah (missionary and non-missionary, dan (3) Agama geografis – kesukuan dan agama universal (geoghraphical –racial and universal).

1. Agama Wahyu Dan Bukan Wahyu (Revealed And Non-Revealed)
Yang dimaksud dengan revealed religions (agama wahyu atau agama samawi) adalah agama yang ajaranya menghendaki iman kepada Allah, kepada para rasulnya, kepada kitab-kitab-Nya dan pesan-pesan-nya untuk disampaikan dan disebarkan kepada swegenap umat manusia. Sementara pengertian yang hampir sama mengatakan bahwa agama samawi atau agama wahyu (revealed religions), yaitu agama yang dipercayai diwahyukan Tuhan melalui malaikat-malikatnya kepada utusan-nya yang dipilih dari manusia. Agama wahyu ini disebut juga dinul haq (QS.48: 28) atau agama yang full fledged; yaitu agama yang mempunyai nabi dan rasul, mempunyai kitab suci dan umat. Revealed religion juga sering disebut sebagai agama wahyu, agama langit, agama samawi, atau agama profetis. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah Yudaisme, Kristen dan Islam.

Adapun non – revealed religion sering disebut sebagai Agama Kebudayaan (cultural religions, agama tabi’i’ atau agama ardhi) yaitu agama yang bukan berasal dari tuhan dengan jalan diwahyukan, melainkan agama yang ada karena hasil proses antropologis, yang terbentuk dari adat istiadat dan melembaga dalam bentuk agama formal. Menurut al-Masdoosi agama-agama selain Yahudi, Kristen dan Islam termasuk dalam non – revealed religion atau worldly-religion atau agama bukan wahyu, sering disebut juga dengan istilah agama budaya.

Adapun ciri-ciri revealed-religion dan non-revealed religion adalah sebagai berikut:

a. Agama wahyu berpokok pada konsep keesaan Tuhan, sedangkan agama bukan wahyu tidak demikian.

b. Agama wahyu beriman kepada kenabian, sedangkan agama bukan wahyu sebaliknya.

c. Bagi agama wahyu yang menjadi sumber utama peraturan dan kriterian baik dan buruk adalah kitan suci, sedangkan agama bukan wahyu tidak demikian.

d. Secara giografis, agama wahyu lahir di timur Tengah sedangkan agama bukan wahyu lahir dari luar wilayah tersebut.

e. Agama wahyu lahir di wilayah-wilayah yang secara histories di bawah pengaruh ras semitik. Sebaliknya agama bukan wahyu lahir di luar wilayah semitik.

f. Agama wahyu adalah bersifat missionary sedangkan agama bukan wahyu tidak missionary.

g. Ajaran agama wahyu tegas dan jelas, sedangkan bukan wahyu bersifat tidak tegas atau jelas dan sangat elastis.

h. Ajaran agama wahyu memberi arah ke jalan yang lurus dan ajaran yang lengkap, sedangkan ajaran agama bukan wahyu tidak demikian.

Perlu dikemukan bahwa agama samawi (revealed religion) yang murni hingga sampai saat ini adalah Islam. Demikianlah keterangan yang dapat dijumpai dalam al-qur’an surat al-Baqarah(2): 130, 131 dan 136, Surat Ali Imron (3): 73, dan 85, Surat Yusuf: 101.

2. Agama Misi (Dakwah) Dan Agama Bukan Misi Atau Dakwah (Missionary And Non-Missionary)
Menurut pendapat Thomas Arnold, bahwa agama Islam, Kristen dan Budhisme termasuk agama missionary. Sedangkan agama Yahudi, Brahmanisme, dan zoroasterianisme adalah agama bukan missionary.

Sementara menurut al-Masdoosi, pada dasarnya agama-agama wahyu adalah agama missionary. Menurut catatan al-Masdoosi berdasarkan ajaran aslinya agama nasrani (Kristen) dan Budha, bukan agama missionary, tetapi dalam perkembangan kemudian, kedua agama itu menjadi agama missionary. Agama missionary satu-satunya hanyalah Islam.

3. Agama Geografis – Kesukuan Dan Agama Universal (Geoghraphical –Racial And Universal).
Agama-agama geographical-racial dan universal dibedakan dalam beberapa kelompok, yaitu:

1. Geographical Semitik, yaitu agama-agama yang diturunkan oleh Allah pada kawasan bangsa Semit; kawasan timur tengah dan sekitarnya yang meliputi Kaldan, Arom, Arab, Palestina, Mesir, Israil. Dan agama yang masuk dalam kategori ini adalah Yahudi, Nasrani dan Islam.

2. Geographical Non-Semitik, terbagai menjadi:
a. Non-Semitik Arya, yaitu Hinduisme, Jainisme, Sekhisme, dan Zoroastrianisme.
b. Non-Semitik Mongolian, yaitu Taioisme, Shintoisme, dan Confusianisme
c. Non-Semitik yang merupakan campuran antara Arya dan Mongolian adalah budhisme.

3. Sementara agama universal, agama yang termasuk kedalam kelomopok ini hanyalah Islam.


No comments: